Thursday, June 11, 2015

Kegiatan Selama Prakondisi SM-3T di AAU

Kegiatan yang dilaksanakan selama prakondisi di AAU tidaklah semenyeramkan ketika kita hanya membayangkannya saja. Ketika kita sudah mengikuti dan terjun langsung di dalamnya kita akan menemukan ritme dan alurnya. Dari situlah kita akan tahu bahwa kegiatan yang kita ikuti justru lebih cenderung bermanfaat bagi kita.
Selain itu, kegiatan yang dilaksanakan pun menuntut kita untuk mengedepankan sifat kebersamaan. Menumbuhkan jiwa korsa di dalam diri masing-masing peserta. Hal tersebut dapat dilihat mulai dari kegiatan yang dilaksanakan pada pagi hari yaitu, makan pagi.
Pada saat makan waktu untuk berkumpul sudah ditentukan. Dengan cara berbaris sesuai dengan kelompok yang telah ditentukan kemudian dating ke tempat makan bersama dalam kondisi masih di dalam barisan. Sehingga tidak ada yang saling mendahului satu sama lain. Sesampianya di tempat makan kita juga dibiasakan untuk melestarikan budaya antri. Dalam mengantri mengambil ompreng (nampan makanan) juga masih dalam barisan kelompok. Ompreng yang telah disediakan oleh pelatih tersebut sudah dalam keadaan berisi makanan bergizi dengan porsi yang sudah diukur dengan baik sesuai dengan kebutuhan kita selama menjalani kegiatan prakondisi.
Makan pagi berlangsung dengan khidmat dengan dipimpin oleh salah satu peserta. Untuk memulai makan selalu diawali dengan berdoa dan mengucapkan kalimat yang telah diajarkan oleh pelatih dengan serempak. Waktu makan pun sudah ditentukan, yaitu sekitar 3 menit. Dalam waktu yang cukup singkat tersebut kita diharuskan menghabiskan makanan yang ada di dalam nampan yang telah dibawa. Jika tidak maka peserta yang lain harus membantu peserta yang tak dapat menghabiskan makanannya sebelum waktu habis. Resiko yang harus diterima jika pada saat waktu habis tapi masih ada makanan yang tersisa di ompreng bisa berupa jalan jongkok dari tempat kamu makan sampai ke tempat dimana kamu harus meletakkan ompreng setelah selesai makan.

***

Selain penanaman sikap kebersamaan, beberapa kegiatan yang lain yang dilaksanakan adalah mengenai bagaimana bertahan hidup di daerah yang belum dikenal atau bahkan di alam bebas. Kegiatan yang dikenal dengan nama survival ini pun harus diikuti oleh seluruh peserta prakondisi. Seluruh peserta dibawa ke suatu daerah dimana yang kamu temui hanyalah hutan dan semak belukar. Para pelatih hanya membekali peserrta dengan sebotol air mineral sebagai bekal peserta.
Ketika peserta sudah berada di alam bebas, pelatih memberikan arahan mengenai bagaiaman cara bertahan hidup yang baik ketika kita ada di alam bebas. Selesai memberikan arahan, pelatih juga memberikan contoh nyata ketika ternyata hanya ada ular yang dapat dijadikan bahan makanan. Mulai dari cara menangkap, menguliti, memotong, hingga memakannya. Pelatih juga menginformasikan tentang manfaat beberapa bagian ular yang dapat dijadikan sebagai obat beberapa penyakit.


Materi yang telah diberikan oleh pelatih tersebut kemudian dipraktekan oleh seluruh peserta prakondisi. Mulai dari mencari bahan makanan yang dapat dimakan seperti ubi-ubian. Selain itu, sebagian peserta mulai terlihat antusias untuk mencoba menangkap ular yang telah disediakan oleh pelatih. Beberapa perserta lainnya yang mungkin takut atau geli dengan ular lebih memilih untuk tidak mendekat.
Materi-materi di luar ruangan begitu banyak, selain survival masih ada juga outbound. Kegiatan outbound yang dilaksanakan pun bukanlah sembarang outbound. Setiap kegiatan yang ada harus dicoba oleh seluruh peserta. Sebab dalam kegiatan tersebut bertujuan untuk melatih mental dan pribadi masing-masing peserta. Beberapa permainan ekstrim yang memacu adrenalin juga disajikan dalan kegiatan prakondisi seperti turun tebing dari menara setinggi 18 meter, dan beberapa kegiatan lain yang biasa digunakan oleh para taruna Akademi Angkatan Udara berlatih. Jika tidak mengikuti kegiatan ini para peserta tidak hanya akan mendapatkan sangsi dari para pelatih melainkan juga perasaan menyesal karena mungkin saja kegiatan yang seperti ini tidak dapat dirasakan ketika para peserta sudah selesai mengikuti kegiatan prakondisi.
Dari sekian banyak kegiatan yang ada pada prakondisi ikutilah dengan baik. Sebab nantinya akan bermanfaat bagi masing-masing peserta, khususnya bagi para peserta dari program pendidikan guru sekolah dasar.

No comments:

Post a Comment