Thursday, June 11, 2015

Menjadi Guru Inspiratif

Menjadi guru yang dapat menginspirasi bukanlah hal yang sangat sulit. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan agar dapat menjadi guru yang inspiratif:

Memiliki Empati
Bangunlah empati antara guru dengan siswa. Seorang guru harus dapat berada di panjang gelombang yang sama dengan mereka para siswa. Sehingga guru dapat mengenali emosi dan perasaan yang dimiliki mereka. Seseorang yang masih berusia anak-anak biasanya mudah stress dan tertekan. Akan tetapi sikap yang tercermin dalam perilakunya berupa kemarahan, kenakalan, sikap buruk dan lain-lain. Untuk itu, seorang guru haruslah penuh dengan kasih sayang dan mencoba untuk memahami penyebab perilaku yang muncul dari masing-masing siswa. Jangan mencoba untuk menghindarinya, tetapi dekatilah. Ketika seorang guru dapat masuk ke dalam pribadi siswa, maka siswa akan terbukanya.


Sikap Mental Positif
Guru merupakan manusia, sama dengan orang lain. Namun, pekerjaannya yang setiap hari berurusan dengan anak-anak terutama dengan anak-anak yang bermasalah dalam sikap dan perilaku terkadang dapat membuat seorang guru merasakan tekanan yang terlalu berat. Meskipun demikian, inilah waktu yang tepat bagi seoang guru untuk menjadi kuat. Tetaplah tersenyum meski saat itu sedang mengalami hal-hal yang sulit. Dengan demikian seorang guru akan dapat melihat sisi terang dan dapat menemukan sisi positif dalam setiap situasi negatif. Sikap yang demikian akan dengan mudah menular kepada siswa.

Kembangkan Ketrampilan Verbal
Seorang guru layaknya orator besar. Ia bertugas untuk menjaga agar siswa tetap terfokus dan tertarik pada materi pelajaran yang sedang dibahas hanya dengan berbicara. Melalui berbicara dengan siswa berarti menggunakan semangat, emosi, kontak mata, bahasa tubuh, intonasi dan perasaan. Berbicara dengan yakin dan percaya dengan apa yang diucapkan akan membawa siswa ke dalam suatu kondisi yang menyenangkan untuk belajar.

Peduli
Tunjukkan sikap peduli kepada setiap siswa di kelas. Berbicaralah dengan siswa seperti sedang berbicara dengan teman atau sahabat. Guru yang inspiratif adalah mereka yang peduli terhadap semua orang tanpa membedakan sikap, warna kulit, agama, negara, dll. Karena setiap siswa memiliki posisi yang sama di dalam kelas. Sikap peduli yang diberikan kepada mereka akan memberikan lebih banyak manfaat bagi guru itu sendiri.

Siswa adalah satu individu
Pahami siswa ketika di kelas dan di luar kelas. Usahakan untuk tidak asal memberikan hadiah atau hukuman kepada semua siswa, sebab mereka semua adalah individu yang berbeda satu sama lain. Masuklah ke dalam kehidupan siswa sehingga seorang guru dapat menentukan strategi dan gaya belajar yang sesuai dengan karakter yang dimiliki masing-masing siswa. Yang paling penting, biarkan mereka menjadi kreatif, dan tidak membatasi ruang gerak mereka. Jangan menghakimi mereka, tetapi pahami lebih dalam alasan di balik tindakannya.

Ketahuilah bahwa mengajar adalah profesi yang mulia
Guru adalah seseorang yang dapat mengubah hidup. Untuk itu ada dua pilihan yang harus dihadapi oleh guru. Pilihan tersebut adalah menjadi guru biasa-biasa saja yang mengajarkan subjek membosankan untuk anak-anak yang membosankan. Atau, seseorang yang membantu orang lain untuk menyadari potensi yang mereka miliki dan membuat perubahan dan perbedaan positif dalam hidup mereka. Your beliefs create your world.

No comments:

Post a Comment