Friday, May 29, 2015

Kisi-Kisi Tes Online (Tes Kemampuan Dasar) SM-3T

Tes Kemampuan Dasar adalah tes yang diselenggarakan untuk mengukur kemampuan dasar yang diperlukan untuk menunjang keberhasilan seseorang jika yang bersangkutan diterima sebagai peserta SM-3T. tes Kemampuan Dasar dimaksudkan untuk menggali pengetahuan, ketrampilam, dan sikap/perilaku peserta ujian yang meliputi wawasan nasional, nasional, regional, dan internasional maupun kemampuan verbal, kemampuan kuantitatif, kemampuan penalaran, kemampuan beradaptasi, pengendalian diri, semangat berprestasi, integritas, dan inisiatif.
Tes Kemampuan Dasar meliputi:

1.      Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
Tes wawasan kebangsaan bertujuan untuk menilai kompetensi pelamar dalam hal penguasaan dan kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai 4 (empat) pilar kebangsaan Indonesia yang meliputi:
a.       Pancasila
b.      Undang-Undang Dasar 1945
c.       Bhineka Tunggal Ika
d.      Negara Kesatuan Republik Indonesia (system tata Negara Indonesia, baik pada pemerintahan pusat maupun pemerintah daerah, sejarah perjuangan bangsa, peranan Bangsa Indonesia dalam tahanan regional maupun global, dan kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar).
Pada umumnya TWK adalah tipe soal yang materi-materi ujinya harus kita hafal dan kita pahami. Soal yang paling sering keluar adalah soal yang berkaitan dengan isi dan inti yang ada pada pasal-pasal yang ada pada UUD 1945. Selain itu, sejarah mengenai perjuangan bangsa dan peranan bangsa baik di regional maupun internasional juga perlu diperhatikan dengan baik.
2.      Tes Intelegensi Umum dimaksudkan untuk mengetahui kemampuan seseorang yang meliputi:
a.       Kemampuan verbal yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tertulis.
b.      Kemampuan numerik yaitu kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diangtara angka-angka.
c.       Kemampuan berpikir logis yaitu kemampuan melakukan penalaran secara runtut dan sistematis.
d.      Kemampuan berpikir analitis yaitu kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematis.
Tes Intelegensi Umum merupakan tipe soal yang membutuhkan tingka kosentrasi, daya nalar dan fokus yang cukup tinggi, untuk dapat mengerjakan soal ini kita harus banyak-banyak berlatih karena model soalnya seperti tes numerik, tes berpikir logis dan berfikir analitis tidak bias dihafal, tetapi harus difahami dan dilatih. Pada saat mengerjakan tes ini jangan terpaku pada soal yang sulit. Kerjakan soal lain yang lebih mudah jika menemukan soal yang sulit. Sebab tidak ada perbedaan bobot soal pada soal yang ada pada Tes Intelegensi Umum.
3.      Tes Karakteristik Pribadi digunakan untuk menilai:
a.       Integritas diri
b.      Semangat berprestasi
c.       Orientasi pada pelayanan
d.      Kemampuan beradaptasi
e.       Kemampuan mengendalikan diri
f.       Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas
g.      Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan
h.      Kemampuan bekerja sama dalam kelompok
i.        Kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain
j.        Orientasi kepada orang lain
k.      Kreativitas dan inovasi

Pada soal ini tidak ada jawaban yang salah, tidak seperti dua tes yang telah dijelaskan sebelumnya di atas. Pada tes wawasan kebangsaan dan tes intelegensi umum jika benar maka mendapatkan poin 5  dan jika salah 0. Sedangkan untuk tes karakteristik kepribadian poin yang diperoleh menggunakan rentang nilai 1-5. Jadi, pastikan soal tes karakteristik kepribadian ini terisi semua ketika tes. Tempatkanlah diri kalian  sebagai orang yang baik dan ideal agar dapat melewati soal ini dengan baik.

No comments:

Post a Comment