Sunday, June 7, 2015

Prakondisi SM-3T

Prakondisi merupakan suatu kondisi yang dapat dijadikan sebagai landasan bagi peserta SM-3T sehingga dapat memperoleh gambaran tentang daerah penempatan yang akan menjadi tempatnya mengabdi selama 1 tahun.
Pelaksanaan prakondisi pada masing-masing-masing LPTK berbeda satu sama lain. Meskipun demikian tujuan pelaksanaan prakondisi masih sama yaitu untuk menyiapkan mental dan fisik masing-masing peserta SM-3T. Prakondisi yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta dilaksanakan di Pangkalan TNI Angkatan Udara Adisucipto yang beralamatkan di Jalan Laksda Adisucipto, Yogyakarta. Dengan berbekal sekedarnya sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh LPTK, masing-masing peserta siap melaksanakan kegiatan prakondisi yang dilaksanakan selama 12 hari.




Pembukaan Prakondisi dilaksanakan di auditorium Universitas Negeri Yogyakarta dengan diikuti oleh seluruh peserta SM-3T yang telah dinyatakan lulus tes wawancara dan kesehatan. Dengan menggunakan seragam atasan berwarna putih dan bawahan hitam dan bersepatu pantofel, seluruh peserta mengikuti upacara pembukaan dengan khidmat.
Peserta diberikan gambaran mengenai daerah-daerah pengabdian secara umum. Kondisi siswa bahkan kondisi lingkungan yang ada di masing-masing daerah tersebut. Sempat pula pengisi acara pembukaan kegiatan prakondisi program SM-3T tersebut memutarkan video yang dibuat oleh peserta SM-3T angkatan sebelumnya.
Sempat terbesit dalam benak ini, apakah nantinya akan sanggup melewati waktu satu tahun dengan keadaan yang serba terbatas seperti itu. Faktanya, 1 tahun bukanlah waktu yang sebentar. Tapi, kembali ke niat awal, kembali ke motivasi dan alasan mengikuti program ini. Tak ada yang tak mungkin jika kita mau. Tak ada yang tak bisa jika kita mau mencoba.

***
Dari auditorium UNY, kegiatan prakondisi pun berlanjut ke Akademi Angkatan Udara yang berada di Pangkalan TNI Angkatan Udara Adisucipto. Dengan menggunakan alat transportasi bus yang telah disediakan oleh LPTK seluruh peserta prakondisi program SM-3T dibawa ke tempat dimana kegiatan prakondisi yang sesungguhnya akan dilaksanakan.
Sejumlah peserta prakondisi diserahkan kepada para pelatih dari Akademi Angkatan Udara Adisucipto untuk ditempa mental dan fisiknya. Sudah pasti banyak dari para peserta berpikir tentang citra dari TNI itu sendiri. Tentang bagaimana kedisiplinan mereka, ketegasan dan kewibawaan mereka. Mungkin tidak semua peserta memikirkan hal tersebut, tapi dapat dilihat dari sebagian mimik muka peserta menggambarkan perasaan yang sama.


No comments:

Post a Comment